Jumat, 30 Mei 2014

Cara install wordpress CMS di idhostinger

     Setelah sebelumnya kita bahas tentang cara mendapatkan hosting dan domain,dan anggap saja anda sudah memiliki domain,untuk sebagian dari anda mungkin merasa kesulitan untuk membuat tampilan/template pada website anda.
     Beberapa dari anda mungkin tidak mengerti sama sekali tentang html,css,javascript,php dan mysql,beberapa dari anda mungkin telah mendownload beberapa template gratis dari beberapa website,tapi anda kebingungan untuk mengaplikasikannya,karena template rata-rata hanya berisikan beberapa file css,html,dan gambar,atau untuk template blog hanya terdiri dari beberapa file js,dan xml.mungkin anda telah mengupload template anda ke web anda,dan berhasil membuat tampilan front page pertama anda,tapi sudah di pastikan hasilnya kurang memuaskan. Kenapa?,karena anda harus mengedit file html untuk mengisi teks yang anda kehendaki,dan pada saat anda membuat halaman baru atau menambah artikel,anda harus kembali mengulang semua script html yang anda buat secara keseluruhan,anda juga akan selalu mengedit seluruh file html anda ketika anda akan menambahkan menu baru atau widget pada website anda, Untuk membuat tampilan yang solid dari website anda,anda memerlukan CMS(content management system) sebuah system untuk menampilkan content yang solid,dengan cms,anda hanya perlu membuat file html content yang mau anda tambahkan saja,dan untuk menambahkan menu anda hanya perlu mengedit 1 file php saja tanpa harus mengubah semua file html anda.

      Untuk membuat sebuah CMS anda perlu menguasai beberpa bahasa pemrograman web,seperti html,css,php,javascript mysql sebagai database dan anda harus menginstalnya pada hosting anda,dan itu tidak bisa di kuasai dalam waktu yang singkat,tapi anda tidak usah khawatir,anda bisa menggunakan jasa beberapa penyedia layanan CMS seperti wordpress,dan joomla.jadi tidak usah khawatir jikalau anda tidak mengerti akan pembahasan saya di atas.anda bisa mempelajarinya di lain kesempatan,dan mungkin saya akan membuat artikel tentang hal itu secara lebih detail. Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penginstalan wordpress pada hosting anda sebagai CMS anda,karena ini lebih mudah di gunakan dan di aplikasikan,dan anda bisa memanage nya dengan mudah.adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk dan login ke idhostinger.com dengan akun yang telah anda buat,atau masuk ke cpanel hosting anda,jika anda telah memiliki hosting di tempat lain.lalu klik hosting di beranda anda.
    beranda idhostinger
  • setelah itu klik domain anda lalu klik kelola
    kelola

  • Cari lalu klik autoinstaller pada cpanel anda.
    autoinstaller
    lalu cari dan klik install wordpress Content management system

  • setelah itu isi form untuk login anda nantinya.ingat username administrator sama paswordnya karena ini di perlukan pada saat anda memasuki website anda untuk mengeditnya atau menambahkan artikel.
    form install wordpress 
    biarkan beberapa saat,sampai installasi selesai pada server

  • buka website anda pada browser jika tampilannya seperti gambar di bawah ini,berarti installasi anda telah berhasil.
    tampilanPertama
  • setelah itu ketik "namadomainanda.com/wp-admin" pada browser anda untuk masuk ke dashboard wordpress anda,pilih template sesuai dengan yang anda kehendaki lalu hapus post hello world dan buat post baru sesuai dengan keinginan anda,anda juga bisa mengedit menu,widget,dan menyesuaikan tema sesuai dengan kreasi anda.
Jika artikel ini bermanfaat silahkan share atau copas content dari post ini dengan menyertakan link kami sebagai source/sumber.
Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar