Selasa, 17 Juni 2014

Ketika data di flashdisk hilang

     Menjengkelkan sekali jika flashdisk kita tiba-tiba tidak ada isinya,atau tiba-tiba kosong.padahal isinya adalah data-data penting yang belum sempat kita backup,ini sering terjadi jika flashdisk kita colok sana colok sini,atau kita mencabutnya secara sembarangan,kerusakan mungkin saja terjadi.banyak faktor yang bisa menyebabkan data-data kita di flashdisk hilang seketika,bisa karena flashdisk kita rusak/corrupt..karena virus,atau terformat secara tidak sengaja.
     Sebelum kita mengatasinya yang harus pertama kita lakukan adalah mencari penyebabnya.baru kita cari cara untuk mengatasinya.
     Jika flashdisk anda tiba-tiba hilang semua datanya,hal pertama yang harus anda lakukan adalah cek volume flashdisk anda,klik kanan pada flashdisk anda lalu pilih properties.disitu anda lihat usage memorinya.apakah kosong atau isi.
    Jika anda mendapati flasdisk anda kosong(usage memori 1% atau tidak ada sama sekali),itu artinya anda harus mengikhlaskan data-data anda,karena itu bisa saja karena terformat,atau virus yang menghapusnya.:D
sekali-sekali mungkin anda harus belajar ikhlas.
  Nah jika flashdisk anda kosong tapi ada penggunaan data terlihat di properti seperti gambar di bawah ini,


     Pada gambar di atas terlihat folder is empty,tidak ada apa-apa dalam partisi/drive E.tapi ketika kita cek di properti terlihat ada usage space 1.16Gb.atau partisi E ini memang ada isinya tapi tidak terlihat.
jika seperti ini silahkan anda buka cmd,jika anda kesulitan mencarinya tulisCMD pada menu run.
jika anda sudah masuk dos/CMD silahkan pilih partisi/drive anda yang datanya hilang tadi.
karena ini saya di partisi E,jadi saya ketik E: jika drive anda di f berarti anda ketik f:.

setelah anda masuk partisi yang di maksud,silahkan ketik dir/ah.maka akan terlihat beberapa file di dalamnya,partisi e ini berisi data dengan folder yang di beri nama software,disitu terlihat ada data bernama software.
      jika seperti ini berarti data anda di rubah attributnya oleh virus sehingga tidak terlihat.dan itu artinya folder anda masih baik-baik saja(berdoa saja virus tidak bertindak lebih jauh.hehe..
      sekarang masuk cmd lagi dan masuk di drive anda,setelah itu ketik attrib -a -s -h *.*
ini akan membuat semua file dengan berbagai ekstensi,termasuk folder akan terlihat.dan kita bisa memperbaikinya dengan GUI.
      Jika anda menemukan file yang mencurigakan pada flashdisk anda segera hapus,jika tidak dapat di delete coba anda tekan sift+del.jika nasih saja coba anda tandai semua file mencurigakan,karena terkadang virus dapat menulis kembali file secepat kita menghapusnya,tandai dengan menekan ctrl+klik setelah terpilih tekan sift+del.
      Segera pindahkan data anda ke tempat yang aman lalu scan dengan antivirus yang anda miliki,setelah itu format flasdisk anda.supaya virus terhapus sepenuhnya.jika semua telah anda lakukan mungkin kedepannya anda harus lebih bijak dalam menggunakan dan mencolokkan flashdisk anda..

selamat mencoba,semoga bermanfaat.



2 komentar:

  1. Ini nih :v flashdisk ane data nya sering ilang :( padahal tuh isinya data sekolahan semua :(

    BalasHapus
  2. di coba ajjh gan pake cmd :v

    BalasHapus